Brownies Mocaf Unej Pecahkan Rekor MURI

Source: http://www.prosalinaradio.com

 

Universitas Jember akhirnya berhasil  memecahkan rekor Pembuatan kue brownies  mocaf  terbesar di Indonesia, versi musium rekor dunia Indonesia( Muri). Kkue brownis raksasa dengan ukuran  310cm x 310 cm x 20 cm ini, diperagakan di sepanjang jalan doubel way universitas jember, hasil karya mahasiswa fakultas tehnologi pertania, FTP Unej, kamis siang. Senior manager Muri, Paulus Pangka menyambut baik upaya pemecahan rekor ini, yang menggunakan bahn lokar murni dengan bahan dasar dari tepung singkong. Rekor tercatat dalam pemecahan rekor ke 6.694. Pihaknya sangat mengapresiasi langkah ini, apalagi seiring dengan kebijakan presiden baru, yang menginginkan kedaulatan dan ketahanan  pangan Di Indonesia. Karena itu jangan minder dengan makan singkong, dengan hasil penelitian universitas jember, singkong bisa disulap menjadi makanan yang bernilai dan bergizi tinggi
Sementara penemu tepung mocaf dari universitas jember, Prof. DR. Subagio menjelaskan, bahan dasar brownies raksasa ini  tidak menggunakan tepung terigu. Bahan dasarnya sudah menggunakan 100 persen tepung dari singkong. Total bahan kue yang bisa dikonsumsi 15 ribu orang ini, seberat 1 ton yang terdiri dari 325 kg tepung mocaf, 200 kg coklat, serta 6 ribu butir telur. Ppembuatan melibatkan 9 Ukm, dengan 15 mahasiswa FTP.
Ia menegaskan pemecahan rekor ini, untuk membuktikan bahwa singkong sangat potensial untuk mendukung kedaulatan pangan di Indonesia. Universitas Jember mempunyai kemampuan besar untuk membantu pemerintah menyesaikan persoalan ketahanan pangan di Indonesia.

Editor: Hafid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *